.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Kamis, 31 Januari 2019

Cara Atasi Trauma Agar Tak Berkepanjangan


oke simak yang ada di bawah ini:

4 Cara atasi trauma agar tak berkepanjangan

1. Cari dukungan dan situasi yang nyaman

Berbagai hal luar biasa yang terjadi di depan mata dapat membalik kehidupan Anda secara seketika dan membuat diri dipenuhi dengan ketakutan. Ketika berada dalam kondisi yang seperti itu, hal pertama yang paling Anda butuhkan adalah lingkungan yang nyaman dan mendukung. Selain itu Anda juga butuh untuk menceritakan masalah Anda pada orang-orang yang Anda percaya untuk mendapatkan dukungan mental. Berada di lingkungan yang nyaman dan Anda percayai dapat membuat diri merasa aman sehingga trauma yang terjadi dapat berkurang.

2. Minimalkan paparan media


Pada saat ini, kejadian-kejadian besar yang terjadi tersebut pasti akan mendapat perhatian yang sangat besar dari media dan mendapat pemberitaan yang berkesinambungan. Menonton atau membaca berita yang menampilkan sebuah kejadian yang menjadi sumber dari trauma Anda justru dapat membuat perasaan tersebut tidak hilang dan akan terus menerus kembali pada ingatan Anda. Minimalkan sentuhan Anda pada hal-hal yang dapat mengingatkan pada kejadian tersebut agar diri merasa lebih tenang dan tidak teringat kembali.

3. Kenali dan terima perasaan Anda

Setelah sebuah kejadian yang traumatik, biasanya bercampur banyak perasaan dan emosi pada diri Anda. Perasaan yang muncul tersebut sebaiknya janganlah dihindari melainkan kenali dan terima untuk membuat diri merasa lebih kuat. Kesedihan dan ketakutan yang muncul setelah peristiwa traumatik merupakan hal normal yang dapat terjadi pada semua orang. Tetap terima hal tersebut tetapi jangan buatnya berlarut-larut untuk menjadikan hal tersebut sebagai sebuah peristiwa yang pernah terjadi pada diri Anda.

4. Jangan melakukan hal yang menyebabkan stres

Ketika berada dalam kondisi trauma, sebaiknya jangan melakukan berbagai hal berat yang membutuhkan banyak pikiran. Berpikir secara berat justru dapat menyebabkan stres pada pikiran dan mencegah penyembuhan Anda dari trauma. Lakukan berbagai hal yang santai, menyenangkan, dan menenangkan untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang dan dapat melewati trauma yang pernah dialami.

semoga bermanfaat

0 komentar: