.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Minggu, 20 Januari 2019

Cara Mengatasi Insomnia

selamat datang kembali di blog saya , saya akan memberi tahu cara mengatasi imsomnia.

oke simak ya di bawah ini:

cara mengatasi insomnia?

Banyak hal yang dapat Anda coba untuk dilakukan dalam mengatasi insomnia ini. Namun bila insomnia yang Anda alami merupakan dampak dari gangguan kesehatan lain yang sedang Anda miliki, ada baiknya Anda lebih dulu menangani gangguan kesehatan tersebut. Berikut beberapa cara efektif mengatasi insomnia yang dapat Anda coba:

1. Mengubah gaya hidup

Salah satu cara mengatasi insomnia yang satu ini dapat Anda lakukan dengan berhenti merokok, karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok, diyakini mampu memicu kesulitan tidur. Selain itu mengubah pola tidur dengan konstan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membentuk kebiasaan bagi tubuh sehingga mampu mempengaruhi insomnia yang Anda miliki.

Beberapa pengaturan paparan cahaya saat tidur, tidak menggunakan kamar tidur untuk aktivitas yang memaksa otak untuk bekerja, membiasakan diri tidur saat merasa lelah serta menghindari tidur siang yang terlalu lama juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

2. Hati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi memasuki waktu tidur Anda

Sejumlah penelitian telah berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein sebelum tidur, mampu menyulitkan Anda untuk terlelap. Suatu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengatakan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein enam jam sebelum tidur masih mampu mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Terlalu banyak minum sebelum tidur juga bisa menyebabkan Anda terbangun di tengah tidur Anda karena harus buang air kecil. Meminum alkohol sebelum tidur juga mungkin dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk, namun Anda hanya akan terbangun setelahnya dan mengalami kesulitan untuk kembali terlelap setelahnya.

3. Meningkatkan kuantitas aktivitas fisik

Langkah ini mungkin takkan memberi Anda dampak langsung dengan cepat, namun suatu penelitian terhadap 11 perempuan dengan insomnia, berhasil mengungkapkan bahwa berolahraga 20 hingga 30 menit setiap hari dengan rutin selam empat bulan, berhasil meningkatkan kualitas tersebut para partisipan tersebut.

4. Teknik dengan bantuan petugas kesehatan

Terapi ini dikenal dengan sebutan cognitive behavioural therapy yang biasanya dilakukan di bawah instruksi seorang petugas kesehatan yang terlatih maupun seorang psikolog, dengan beberapa metode maupun tahapan. Tahapan tersebut antara lain dengan membantu Anda membentuk pola tidur Anda yang konsisten, mengurangi waktu tidur Anda dengan tujuan agar selanjutnya Anda benar-benar membutuhkan tidur sehingga waktu tidur Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Beberapa teknik lain juga dapat Anda coba ikuti seperti mengikuti program teknik relaksasi dan konseling guna menghilangkan tekanan maupun pikiran-pikiran yang biasanya menghambat seseorang untuk terlelap. Pemberian pil tidur baru disarankan dikonsumsi bila dokter Anda memang telah menyarankan serta gagalnya segala cara yang telah Anda coba lakukan.

oke semoga bermanfaat yaa

0 komentar: