.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Kamis, 31 Januari 2019

Cara Merawat Bunga Melati


oke simak yang ada di bawah ini:

Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga
Kendati cara menanam bunga dengan nama latin jasminum ini relatif mudah dibandingkan dengan Cara Menanam Cabe Rawit Organik namun untuk merangsang tanaman ini agar dapat rajin berbunga perlu penanganan dan treatmen khusus. Jika kurang tepat pemeliharaannya Bunga Melati akan jarang berbunga, yang tampak hanyalah batang dan daunnya saja yang akan tumbuh subur.

Berikut ini merupakan cara merawat Bunga Melati agar cepat berbunga, cukup mudah dari pada Cara Budidaya Jamur dengan Bonggol Janggung :

1.Media Tanam Harus Diperhatikan

Pemilihan media tanam sangat berpengaruh untuk keberlangsungan pertumbuhan dan juga kesehatan bunga ini agar dapat berbunga lebat. Media tanam yang paling pas untuk membudidayakan Bunga Melati adalah tanah berhumus yang gembur dan mempunyai sistem drainase bagus. Selain itu Anda dapat memanfaatkan komposisi sekam, pupuk kandang, dan campuran tanah dengan perbandinan 3:2:1 sebagai media tanam.

2.Pembibitan

Proses ini juga menentukan Bunga Melati agar cepat berbunga, seperti pepatah mengatakan dengan bibit yang baik akan menghasilkan bunga yang baik pula. Untuk itu dalam proses pembibitan harus memilih indukan (bibit) Bunga Melati dengan kondisi baik. Pembibitan sendiri dapat dilakukan dengan cara menaman biji dan stek atau vegetative. Namun untuk mendapatkan bibit Bunga melati dengan cepat pilihlah denggan cara stek batang.

Untuk proses pembibitan denga cara stek harus memilih batang Bunga Melati dengan kondisi baik, cara memilihnya pun mudah dari pada Cara Menanam Jamur Tiram di Daerah Panas, yaitu pilihlah batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Gunakan pisau tajam untuk memotong tangkai, potong pada tangkai Bunga Melati kurang lebih sekitar 10-15 cm dari pucuk dan sebisa mungking kurangi daun-daunnya.

3.Cahaya Matahari Juga Perlu Diperhatikan

Untuk mengatasi Bunga Melati agar capat berbunga yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan kebutuhan pencahayaan. Tanaman ini sangat senang dengan tempat terbuka yang memiliki suplai sinar matahari yang melimpah saat proses pertumbuhannya.

4.Perhatikan Juga Waktu Pemangkasan Tanaman

Cara merawat Bunga Melati agar cepat berbunga lainnya yaitu dengan memperhatikan pemangkasan tanaman, hal ini berguna untuk membersihkan cabang tanaman melati yang sudah tua agar cabang muda dapat tumbuh dengan produktif. Baca Juga: Jenis Bunga yang Cocok untuk Halaman Rumah Kamu

Selain itu, pemangkasan tanaman dapat merangsang pertumbuhan bunga-bunga baru dengan jumlah yang lebih sering dan menjadi lebat. Pemangkasan tanaman melati dapat dilakukan pada musum kemarau, atau dapat dilakukan pada saat cabang-cabang mulai terlihat layu, tua, dan kurang sehat.

Untuk menghasilkan kantum bunga melati segar dengan aroma yang kuat serta berukuran besar dan lebat, jangan ragu untuk memotong beberapa tangkai kuncup bunga yang terlihat kerdil (kecil) dan terlihat kurang indah. Lalu sisakan beberapa kuntum melati yang terlihat sehat dan berukuran besar sebagai bunga utama.

5.Perhatikan Pemumpukan yang Tepat


Seperti manusia, tanaman juga memerlukan nutrisi untuk tetap tumbuh. Berilah pupuk untuk nutrisinya, pupuk dapat diberikan pada waktu tanaman sudah menginjak usia satu minggu pasca penanaman.

Pupuk yang terbaik sebagai perangsang melati agar sering berbunga adalah pupuk NPK, berikan pupuk ini dengan perbandingan 15:15:15, dosis yang diberikan adalah 5 gram per tanaman cukup satu bulan sekali. Boleh diberikan sejak dimulai ketika usia penanaman sudah mengijak 2 minggu.

Selain itu, untuk kebutuhan hara, dapat diberikan pupuk organik, diantranya Growmore dan Gandasail dengan takaran 2 cc setiap satu minggu sekali. Pada umumnya pemberian pupuk dapat diberikan berbarengan dengan penyiraman.

semoga bermanfaat

0 komentar: